Jember – Pada tanggal 23-25 November 2021, Unit Lembaga Sertifikasi Pihak Kesatu (LSP P1) Politeknik Negeri Jember baru saja menyelenggarakan kegiatan uji kompetensi mahasiswa tahap ke 2 tahun 2021. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini menggunakan 17 skema, dengan total asesi sebanyak 641 mahasiswa dan diuji oleh sebanyak 73 asesor. Skema-skema yang diuji meliputi; Asisten Kebun Kelapa Sawit, Mandor Kebun Kelapa Sawit, Perancangan Menu Gizi Makanan, Sertifikat Iv Executive Adminisrative Assisstant, Pengelolaan Ternak Unggas, Fasilitator Pengawas Mutu Pakan, Produksi Benih Tanaman, Teknisi Budidaya Kedelai, Penyuluh Pertanian Supervisor, Pengelolaan Usaha Agroindustri, Teknisi Madya Mekanisasi Budidaya Pertanian, Pengembang Web/Web Developer, Inspektor Engine Kendaraan Bermotor Roda Empat, Network Administrator Madya, Pengeringan Bahan Pangan, Perancangan Pengembangan Mobile Api, Pengelola Energi Bangunan Gedung.

Para mahasiswa mengikuti uji kompetensi ini dengan antusiasme yang sangat tinggi. Selain berguna untuk mengukur skill mahasiswa terhadap skema uji yang sesuai dengan program studi yang ditempuh, kegiatan ini juga membekali setiap asesi (calon lulusan Politeknik Negeri Jember) dengan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP (badan nasional sertifikasi profesi) melalui LSP P1 POLIJE. Sertifikat ini tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam memasuki dunia kerja sebagai penunjang penilaian skill yang mereka miliki. Sebagai tambahan informasi, saat ini Politeknik Negeri Jember mewajibkan setiap calon lulusannya untuk memiliki sertifikat kompetensi ini sebagai salah satu syarat pendaftaran yudisium, selain sertifikat uji microsoft office dan sertifikat bahasa inggris. Hal ini sangat positif untuk meningkatkan kualitas lulusan POLIJE yang memiliki visi untuk menjadi politeknik yang unggul di Asia pada tahun 2035.

Dalam kegiatan ini protokol kesehatan merupakan salah satu standar yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan uji kompetensi. Mengingat saat ini pandemi covid-19 masih belum  tuntas, khususnya jember yang masih berada pada tahap ppkm level-3.

Untuk menjaga kualitas kegiatan sertifikasi kompetensi di LSP P1 Politeknik Negeri Jember, maka LSP P1 POLIJE mengundang pihak industri (IDUKA) untuk menjadi observer sekaligus memvalidasi materi uji yang ada.

20-03-2024 | 0 comment(s)
Share :

Comments

Leave a Reaply

* Required Field